Latest News

Susah Buang Air Besar? Waspadai Kanker Kolorektal



ID NEWS INFO - Susah buang air besar di pagi hari? Jika ya, maka jangan terlalu meremehkan hal tersebut, apalagi jika kondisi yang anda alami dibarengi dengan sembelit berkepanjangan, diare, buang air disertai darah, dan perut kembung. Hal itu bisa saja menjadi tanda-tanda gejala dari kanker usus besar (kolorektal).
 
Susah Buang Air Besar? Waspadai Kanker Kolorektal

Susah Buang Air Besar dan Kanker Kolorektal

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo), Cosphiadi Irawan, kanker kolorektal merupakan bentuk pertumbuhan abnormal sel-sel atau pebentukan tumor yang terjadi di kolon (usus besar) dan rektum. Sel-sel tersebut dapat bermetastasis atau menyebar dan merusak jaringan lain sehingga dapat disebut dengan sel kanker. Hal ini ia sampaikan pada saat kampanye edukasi deteksi dini kanker kolorektal yang dihelat di Energy Cafe pada hari Kamis, 27 Maret 2014.

Cosphiadi menjelaskan bahwa sasaran utama dari kanker kolorektal adalah struktur saluran pencernaan. Apabila tidak diberikan pengobatan dengan segera, sel kanker bisa menyebar ke paru-paru, hati, dan juga organ tubuh lainnya. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya cedera pada organ tubuh yang berbeda, yang disebabkan oleh sel kanker, sehingga membuat organ tubuh tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Kanker kolorektal merupakan salah satu kanker yang cukup mematikan. Walaupun demikian, gejala kanker ini bisa dikenali dengan mudah, yakni cukup dengan memperhatikan pola buang air besar. Cosphiadi mengatakan bahwa kanker ini dapat dilawan dengan melakukan pendeteksian dini dan segera diobati.

Salah satu cara untuk mencegah kanker usus besar adalah dengan memperhatikan pola makan dan minum sehari-hari. Hal ini bertujuan agar proses buang air besar menjadi lancar, khususnya di pagi hari. Minum air putih di pagi hari adalah salah satu cara terbaik agar proses buang air besar menjadi lancar.

Dalam kesempatan yang sama, dokter Samuel Oetoro, Dokter Spesialis Gizi Klinis, dari Rumah Sakit MRCCC Siloam mengatakan bahwa air putih bisa merangsang pergerakan dinding usus besar untuk bergerak dan mengeluarkan feses dengan cepat, sehingga usus bisa menjadi bersih kembali.

0 Response to "Susah Buang Air Besar? Waspadai Kanker Kolorektal"